Contact Me

Follow Me

Tracking Pole
Mountain, Forest

10 Tips Mendaki Gunung Fundamental

 

10 Tips Mendaki Gunung

10 Tips Mendaki Gunung, nah kali ini saya tidak membahas tentang peralatan namun lebih ke teknik dasar pemahaman, SOP, dan skill individu yang harus dimiliki dan dipersiapkan ketika kalian berencana untuk mendaki gunung. Simak dan baca tips mendaki gunung dibawah ini dengan baik ya..;

Tips Mendaki Gunung Paling Fundamental / Kemampuan Diri

Siapkan Fisik dan Mental

Ketika mendaki gunung, persiapan adalah segalanya bukan hanya kelengkapan dan kemewahan perlatan yang terpenting namun fisik dan mental. Persiapan fisik dan mental adalah hal yang paling fundamental untuk mendaki gunung. Tanpa perisapan fisik dan menta,l jika kalian langsung terjun kealam bebas tentunya itu sama saja membawa diri kalian ke dalam bahaya.

Persiapan fisik apa yang harus dilakukan ? kalian bisa berolahraga seperti Jogging dengan jarak yang teratur dan konsekuen, berenang untuk melatih pernapasan, gym untuk melatih ketangkasan fisik kalian dan bersepeda untuk melatih endurance kalian, masih banyak olahraga yang bisa kalian lakukan untuk melatih fisik kalian.

Selanjutnya adalah mental, nah mental juga merupakan salah satu hal yang fundamental karena kalian akan beraktivitas di alam bebas dan tentunya kalian akan bertanggung jawab dengan diri kalian sendiri. Mental penting dalam pendakian karena kalian akan disuguhkan dengan situasi yang tidak terduga dialam sana.

Ketika kalian tidak memiliki mental untuk mendaki gunung saya sarankan untuk tidak memulai pendakian, karena ketika kalian berada disituasi yang berbahaya kalian tidak dapat tenang dan cenderung untuk panik sehingga tidak bisa untuk memikirkan solusi terbaik dalam masalah yang sedang kalian alami. Oleh karena itu mental juga sangat penting agar pemikiran dan fisik kalian tetap prima dan waspada.

Baca juga : Perlengkapan Mendaki Gunung

Planning atau Rencana

Dalam pendakian kalian harus menyiapkan berbagai macam planning atau rencana sehingga perjalanan kalian dapat berjalan dengan lancar. Rencana pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan ( gunung ), mempelajari medan, menyiapkan plan A plan B plan hingga plan C agar siap jika terjadi hal yang tidak diinginkan, menentukan waktu lamanya pendakian, menentukan tanggal kapan akan mendaki, dengan siapa kalian akan mendaki ( saya sarankan dengan orang yang sudah sering mendaki jika kalian pendaki pemula ), dan budget yang harus kalian siapkan. Tips kedua kali ini sebenarnya cukup simple namun sering disepelekan dan tak jarang banyak pendaki yang bingung dan tak siap untuk menghadapi hal yang tidak terduga. Kembali lagi saya ingatkan persiapkan kembali rencana kalian dengan baik agar perjalanan kalian berjalann lancar.

Skill Individu

Tips yang ketiga kali ini membahas tentang skill individu yang wajib dimiliki ketika terjun ke alam bebas nih sob! Skill yang akan kita bahas kali ini adalah kemampuan diri kita dalam menghadapi segala kemungkinan di alam. Sebenarnya alam pada dasarnya sudah menyediakan semua yang kita butuhkan.

Kita hanya harus memanfaatkannya dengan baik, oleh karena itu kita harus memiliki skill atau kemampuan untuk menggunakan kebutuhan yang sudah disiapkan alam untuk kita. Pertama adalah kemampuan kalian memanfaatkan benda disekitar atau kreatifitas kalian ( berguna ketika dikeadaan darurat ), mengenal tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan yang tidak dapat dikonsumsi, memperkirakan cuaca dari perbedaan perilaku hewan disekitar ( biasanya skill ini dimiliki oleh orang yang sudah expert nih sob ), peka terhadap perubahan sekitar, dan masih banyak hal lainnya yang dapat kalian explore untuk meningkatkan skill di alam bebas.

Menguasai SOP Mendaki Gunung / Kegiatan di Alam Bebas

Yang keempat kali ini biasanya digunakan ketika kalian akan mendaki gunung dengan tingkat expert atau professional nih sob! Lalu apa itu SOP mendaki gunung atau alam bebas ? SOP pada dasarnya adalah suatu dokumen berisi prosedur kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dengan tujuan agar memperoleh hasil kerja paling efektif. Didunia mendaki juga terdapat SOPnya tersendiri loh, jadi kalian juga harus paham SOP apa saja yang harus kalian kuasai ketika ingin pergi ke alam bebas atau mendaki gunung.

Memiliki Insting

Insting ini untuk apasih ? apa pentingnya memiliki insting ? ketika kialian didalam hutan tentunya kalian tidak sendirian kalian akan berinteraksi dengan banyak makhluk hidup disana. Insting ini berguna untuk mendeteksi perbedaan alam sekitar dan perubahan yang terjadi disekitar kalian. Mengapa hal ini penting ? karena ketika kalian didalam hutan kalian tidak dapat mengakses sinyal smartphone kalian, sehingga kalian bisa mengamati perubahan alam dan makhluk sekitar yang terjadi untuk memperkirakan cuaca.

Dapat Mengontrol Diri

Ketika mendaki gunung, saya beberapa kali sering menemukan beberapa pendaki yang tertinggal oleh kelompoknya. Ketika saya Tanya, ternyata itu merupakan pendakian perdana dia, saya sempat terkaget karena teman – temannya meninggalkan dia hanya dengan salah satu temannya yang juga pertama kali mendaki. Nah ini lah pentingnya kalian untuk mengontrol diri kalian akan tidak egois ketika melakukan pendakian. Jika kalian tidak dapat mengontrol diri kalian dengan baik kalian lebih baik kembali dan diam dirumah. Dalam pendakian harus memiliki leader atau ketua kelompok yang memiliki pengalaman dan control diri yang baik agar meminimalisir resiko yang akan terjadi.

Kesehatan Diri

Nah ini paling penting, sebetunya ketika kalian mendaki gunung, kalian harus mengecek kesehatan tubuh kalian terlebih dahulu. Kesehatan tubuh dapat menghambat kegiatan mendaki kalian karena kondisi fisik yang tidak mampu untuk berkerja berat. Jadi ketika kalian ingin mendaki gunung dan sudah menentukan tanggal lalu saat hari pendakian kalian sakit lebih baik jangan memaksakan diri.

Peduli Sekitar

Sebenarnya hal ini sudah tertanam didalam setiap pendaki gunung yang saya temui. Rata – rata para pendaki gunung memiliki empati yang tinggi terhadap sesama. Inilah arti sebuah kebersamaan ketika kalian mendaki gunung, kalian tidak dapat mendapatkannya selain mendaki gunung. Banyak sekali pendaki yang bertegur sapa sekedar basa – basi dan ada juga yang membutuhkan bantuan. Saya yakin kalian pasti bisa menerapkan ha ini karena gunung memiliki arti tersendiri ketika kalian mulai bisa menikmati apa itu esensi mendaki sebuah gunung. Pada intinya adalah kalian harus saling peduli terhadap sesama dan saling membantu ketika berada di pendakian.

Pendakian adalah hal yang tidak bisa didefinisikan hanya dengan sebuah kata. Mendaki gunung adalah kegiatan yang melibatkan banyak sekali orang. Kalian yang pernah mendaki gunung pasti mengerti akan hal ini. Gunung adalah tempat yang luas apalagi alam semesta ini, tak terhingga luasnya. Pendakian tidak hanya soal sekedar mendaki dan mencapai puncak, banyak sekali hal yang bisa dinikmati selain puncak ketika mendaki. Hal terpenting ketika menjadi seorang pendaki gunung atau pecinta alam dimulai dengan peduli dengan sekitar. Peduli itu luas mulai dari lingkungan sosial, menjaga lingkungan, saling membantu dan masih banyak lainnya.

Teknik Membuat Sebuah Tim Pendakian

Ya mendaki gunung tidak hanya seorang diri saja, terkecuali kalian solo hiking. Pendakian biasanya dilakukan dalam berkelompok. Membuat sebuah tim adalah suatu keharusan dalam mendaki. Dalam satu tim setidaknya dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki pengalaman yang baik. Kemudian disusul dengan seorang medis yang akan membantu ketika terjadi kecelakaan. Logistik, nah ini biasanya terdiri dari dua sampai tiga orang karena harus membawa logistik yang lumayan berat tergantung lama pendakian. Lalu diakhir ada sweeper atau penyapu yang tujuannya memastikan tidak ada personil yang tertinggal, bisanya orang yang menjadi sweeper adalah orang terkuat disebuah tim. Urutan ketika memulai pendakian diawali dengan pemimpin kemudia medis dan logistic lalu terakhir sweeper.

Tata Krama dan Sopan Santun

Apa sih pentingnya menjaga tata krama dan sopan santun ketika dialam bebas ? ketika kita berada dialam bebas, kita akan menginjakan teritori yang sangat berbeda dengan lingkungan kita biasanya. Kita tidak hanya seorang diri dialam bebas, kita akan seperti bertamu ke rumah orang yang memiliki aturan dan caranya masing – masing. Tentunya kita tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan bukan ? nah maka dari itu kita penting untuk menjaga tata karma kita diwilayah orang atau daerah yang baru kita kenal agar kegiatan kita selalu berjalan dengan lancar dan aman.

Nah itu dia sob beberapa tips untuk persiapan diri kamu sendiri. Semoga tips yang saya berikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua yang membaca artikel ini. Alam bebas adalah tempat yang bebas kita eksplor namun bukan berarti kita bebas memiliki semua yang berada dialam bebas. Terkadang manusia akan haus soal kekayaan dan uang tanpa memikirkan dampak jangka panjangnya. Membabat habis semua yang berada dialam mulai dari flora dan faunanya hingga terkadang hanya menyisakan segelintir saja. Saya harap yang sedang membaca artikel saya ini adalah kalian semua yang memiliki tanggung jawab tinggi dengan diri kalian dan alam Indonesia yang indah ini. Marilah kita jaga lingkungan dan Indonesia kita agar anak cucu kita nanti bisa menikmatinya.

Quotes

“ Kesuksesan tanpa sebuah ilmu dan pengetahuan adalah hal yang fana dan hambar dalam sebuah katalog buku yang hanya berisikan materi yang tidak beraturan serta acak, itu juga berlaku pada setiap manusia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link